Di Mana Anak Makan?

Anak Susah Makan?
July 9, 2019
Contoh 1
July 10, 2019

Di Mana Anak Makan?

Di Mana Anak Makan?

Mom, apakah anak Mom termasuk susah makan? Hanya makan sedikit lalu tidak mau lagi? Atau anak Mom suka memainkan makanan, melempar makanan dan peralatan makannya? Mungkin Mom pikir anak mudah bosan karena tidak betah duduk di kursi makannya, padahal sangat mungkin itu dipengaruhi oleh posisi makan yang kurang tepat.

Kok bisa?

Coba Ibu bayangkan. Kalau duduk oleng-oleng, sambil kaki goyang goyang, bisa ngga menikmati makanan? Tentunya kita harus menahan badan supaya tetap stabil kan?

Begitu juga pada saat anak makan. Posisi yang benar adalah anak duduk tegak, meja setinggi dada anak, kaki tidak menggantung, dan peralatan makan cukup ringan, mudah digenggam anak dan berada dalam jangkauan anak.

Biasanya anak sejak MPASI duduk di high chair yang ukurannya besar. coba perhatikan, apakah ada sandaran kakinya? Setinggi apa mejanya?

High chair yg ideal adalah yg bisa diatur ketinggiannya, tapi cukup menemukan model seperti ini. Cara mengakalinya adalah dengan memberikan ganjalan kaki, agar tidak menggantung. Bisa juga menggunakan booster seat saat anak masih kecil. Selain itu, anak yg baru mulai MPASI bisa diberi makan dengan dipangku pada posisi duduk. Bukan digendong dan bukan di bouncer atau setengah duduk di stroller.

Anak perlu duduk tegak saat makan, agar saluran cerna berada dalam posisi yang baik. Dengan posisi yang baik itulah, anak mampu mengembangkan kemampuan makannya dengan baik, termasuk proses mengambil makanan, mengunyah, dan menelan. Itulah mengapa pemberian MPASI disarankan dimulai saat anak sudah bisa duduk tegak dengan disangga dan bisa menegakkan lehernya. Memberi makan di bouncer sangat tidak disarankan karena posisi yang tidak tegak.

Mom bisa dapatkan PRINTABLE GRATIS mengenai gambaran posisi makan anak yang baik Klik disini

Comments are closed.